Klasifikasi Komputer, Komponen Hardware, Software, Brainware

Klasifikasi Komputer, Komponen Hardware, Software, Brainware

Klasifikasi Komputer

a. Berdasarkan Sinyal  Masukan

Berdasarkan sinyal masukan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
  • Komputer Analog, yaitu komputer  yang menerima sinyal masukan berupa data analog. Contoh : Komputer  penghitung aliran BBM dalam SPBU.
  • Komputer Digital, yaitu komputer yang menerima sinyal masukan digital. Komputer Digital  merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal dan kita gunakan.
  • Komputer Hybrid, yaitu komputer yang menerima sinyal masukan analog dan digital.

b. Berdasarkan Ukuran

Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
  • Komputer Mikro, yaitu komputer yang berukuran kecil dan biasanya dipergunakan oleh satu orang. Contoh : PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll.
  • Komputer Mini, yaitu komputer yang berukuran lebih besar dan biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Seperti Komputer Alfa.
  • Supercomputer, merupakan komputer berkinerja amat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar. Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll.
  • Mainframe

c. Berdasarkan Generasi

Berdasarkan generasi    teknologi penyusunnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
  • Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa.
  • Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor.
  • Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan IC (Integrated Circuit).
  • Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large Scale IC).

d. Berdasarkan Tujuan Pembuatan

Berdasarkan tujuan pembuatan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
  • General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan umum. Contoh : PC, Notebook, dll.
  • Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus. Contoh : Komputer khusus untuk bermain catur.

Komponen Hardware dan Software
a. Hardware

Hardware merupakan rangkaian elektronika yang mempunyai fungsi tertentu. Secara garis besar Hardware terdiri atas tiga komponen utama, yaitu :

1. Perangkat Input

Perangkat Input adalah alat-alat yang digunakan untuk proses memasukan data/informasi ke komputer. Jenis-jenis peralatan masukan adalah sebagai berikut :

Keyboard, merupakan peralatan input yang terdiri dari tombol-tombol huruf, angka dan karakter lain serta tombol fungsi.

Pointing device, merupakan peralatan input yang dapat digerakandan memiliki petunjuk (pointer). Pointing device terdiri dari:
  • Mouse
  • Pointing stick, berbentuk seperti pena kecil dan digunakan untuk menulis pada layar di notebook tertentu.
  • Trackball, mirip dengan mouse terdapat bola kecil pada permukaanya.
  • Joystick.
  • Touch screen
  • Light pen digitizing tablet
Terminal, adalah gabungan dari keyboard dan layar monitor yang dapat menerima input data dan ditampilkan ke layar monitor. Ada tiga macam terminal, yaitu;
  • Dumb terminal, adalah terminal yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan proses data, karena tidak memiliki unit control dan unit aritmatika/logika. Dumb terminal hanya bisa menerima data dari keyboard dan menampilkan informasi dari remote komputer yang terhubung dan sebaliknya. Contohnya adalah PC yang terhubung dengan AS 400, berfungsi sebagai dumb terminal.
  • Smart terminal, sudah mampu melakukan proses pengolahan data.
  • Intelligent terminal, terminal yang paling tinggi tingkat kecerdasanya.

Optical reading device (scanner), adalah peralatan input yang dapat mentransformasikan data tecetak kedalam komputer secara langsung seperti gambar, tulisan dan lain-lain.

Magneting reading device (MRD), Membaca sumber data yang bersifat magnetic, jenis MRD antara lain:
  • Magnetic ink character recognition (MICR), membaca tinta magnetic.
  • Digital camera
  • Voice and sound input
  • Touch tone input device, mentransformasikan nada tekanan.
  • Multimedia audio device, contoh ; televisi, video cassette recorder, video camera.

2. Perangkat Proses

Perangkat Proses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukan melalui alat input dan hasilnya ditampilkan melalui alat output. Alat pemroses terdiri atas central processing unit (CPU) dan main memory.

CPU merupakan bagian dari komputer yang mengeksekusi atau menjalankan instruksi-instruksi program dan memproses data sperti perhitungan. Program adalah rangkaian atau kumpulan instruksi yang bertujuan menjalankan tugas tertentu. CPU memiliki dua komponen utama yaitu:

Control Unit (CU)

Bagian ini berfungsi untuk mengawasi dan mengatur aktivitas prosesor. Control unit diidentikan dengan bagian otak yang mengawasi dan mengatur seluruh kegiatan seperti bekerja, bermain, belajar dan sebagainya. Semua kegiatan yang dilakukan komputer dilaksanakan sesuai dengan instruksi yang diterima oleh control unit. Disini control unit hanya bertugas mengawasi saja, dan bukan sebagai otak dari komputer.

Arithmatic Logic Unit (ALU)

Bagian ini berfungsi melakukan perhitungan operasi aritmatika dan logika. Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.

Register merupakan tempat penampungan/penyimpanan sementara (temporary storage) yang ada di processor (bukan di memory utama). Register dapat menyimpan instruksi, alamat penyimpanan, atau jenis data lainya. Register dapat memindahkan data dan instruksi lebih cepat dibanding dengan memory utama dan juga dapat menyimpan instruksi yang akan diproses dan hasil proses tersebut. Register juga dapat membantu ALU dalam menjalankan operasi aritmatika dan logika.

3. Perangkat Output

Perangkat Output adalah peralatan yang dapat menerjemahkan hasil pengolahan data ke user. Adapun jenis output adalah sebagai berikut:

Visual display (monitor)
Printer, berdasarkan alat cetaknya dapat digolongkan atas:

a. Impact printer
• Dot matrix printer, mencetak dengan sistem dot (titik)
• Chain printer, menggunakan rantai berisi karakter.
• Band printer, pita besi berisi karakter.
• Drum printer, karakter diletakan dipermukaan luar drum metal.

b. Non impact printer (tidak bersentuhan dengan kertas yang akan dicetak)
• Inkjet printer, pipa penyemprot tinta.
• Laser printer.
• Hermal printer

Berdasarkan cara cetaknya, printer dibedakan atas:
• Character printer, mencetak perkarakter tiap waktu.
• Line printer, mencetak perbaris tiap waktu.
• Page printer, mencetak perhalaman.

Plotter, peralatan khusus pencetak gambar/grafik. Terdiri dari dua komponen yakni flatbed (badan plotter) dan drum (penggulung kertas yang besar).

4. Perangkat Keras Tambahan

Perangkat Keras Tambahan merupakan media yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data informasi dalam bentuk informasi binary. Media penyimpanan terdiri atas dua jenis yaitu primary storage dan secondary storage.

Karakteristik Media Penyimpanan :

a. Kecepatan, waktu dibutuhkan untuk membaca dan menulis data, cost menningkat sejalan dengan meningkatnya kecepatan
b. Volatility, kemampuan menyimpan data ketika tidak ada sumber daya, untuk media yang tergolong volatile maka cost menurun seiring dengan meningkatnya volatility.
c. Metode akses, terdiri atas tiga jenis yakni:
- Serial access, proses penyimpanan dan memperoleh data dilakukan dengan urutan linear.
- Random access, metode akses tidak tergantung pada urutan tertentu.
- Parallel access, metode akses dilakukan secara bersamaan terhadap lebih dari satu media penyimpanan.
d. Portability, kemampuan melakukan install atau memasang dan melepaskan media penyimpanan dari komputer.
e. Capacity, jumlah data maksimumyang mampu disimpan oleh suatu media penyimpanan.

b. Software

Software dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Perangkat Lunak Aplikasi

Aplikasi perangkat lunak memiliki jenis sebagai berikut :
• Proprietary application software, software ini dibuat untuk kebutuhan bisnis.
•  Off the shelf application software, dapat dibeli atau disewa dari vendor yang membuat dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Adapun contoh software aplikasi diantaranya sebagai berikut:
a. Software aplikasi pengolah kata (word processing), software ini digunakan untuk mengetik naskah, surat, brosur, maupun dokumen lain.  Contoh program pengolah kata ini adalah Microsoft word, write open office, lotus word, Amipro, wordstar, notepad, dan sebagainya).

b. Software aplikasi pengolah angka (spreadsheet), digunakan untuk pengolahan data angka berupa perhitungan, pembuatan table, grafik dan sebagainya. Contoh aplikasi ini adalah Microsoft Excel,  Lotus 123, Quattro Pro, Lotus Shympony, dan sebagainya.

c. Software aplikasi grafis, aplikasi ini biasa digunakan untuk keperluan desain grafis, terutama untuk menggambar dan pengolahan gambar. Contoh aplikasi ini antara lain Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Photodraw, dan sebagainya.

d. Software pengolah data (database), software ini digunakan untuk mengorganisir dan memproses sekumpulan data. Dalam istilah komputer sering disebut (Database Management System), yaitu sistem yang berfungsi untuk mengelola atau me-manage data sehingga dapat bermanfaat. Contoh software ini antara lain MySQLFront, dBase dan sebagainya.

e. Software multimedia, sering digunakan untuk keperluan terkait dengan audio dan video seperti keperluan presentasi, periklananm media elektronik, perfilm-an atau animasi dan lain-lain. Contoh aplikasi ini adalah Windows Media Player, iTunes, Real Player, Winamp, dan media presentasi (Microsoft Power Point, Lotus Freelance, Flash player) dan sebagainya.

f. Software aplikasi internet, program yang berfungsi untuk keperluan akses ke internet. Contoh aplikasi ini adalah:

• Web browser (internet explorer dan mozila firefox)
• E-mail client , digunakan untuk membaca dan mengirim surat elektronik. (Outlook Express, Eudora, Netscape messager, dan sebagainya).
• Chatting atau IRC (Internet Relay Chat).
• File transfer protocol (FTP), umumnya digunakan sebagai sarana pendukung untuk pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet.
• Remote login, aplikasi yang memungkinkan user untuk login kesebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet.
• Remote desktop, adalah istilah untuk mewakili kejadian dimana sebuah PC atau perangkat komputer ada di lokasi tertentu diakses dan digunakan dari tenoat yang berbeda lokasi.

2. Perangkat Lunak Bahasa Pemograman

Perangkat Lunak Bahasa Pemograman adalah software yang digunakan eleh para programmer (pembuat program/software) untuk membuat atau menuliskan perintah atau program tertentu. Contoh software bahasa pemrograman antara lain :

• Borland Delphi
• Visual basic
• C/ C++ atau C++ builder
• Assembler
• Java
• PHP, ASP, Phyton, Perl, J2ME, (bahasa pemrograman berbasis web)

Ada beberapa kategori bahasa pemograman anatara lain adalah:

a. Bahasa Mesin (Machine Language)

Merupakan bahasa yang terdiri dari kode-kode mesin dan hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin komputer. Bahasa ini merupakan level terendah dari bahasa pemrograman komputer dan disusun dalam bentuk binary digit (berupa 0 dan 1). Sekumpulan instruksi dalam bahasa ini dapat membentuk microcode. Meski begitu, bahasa ini memiliki kecepatan yang paling tinggi diantara bahasa pemrograman lain. Namun agak sulit mempelajari bahasa pemrograman ini karena sangat tidak user friendly.

b. Bahasa Rakitan (Assembly Language)

Merupakan pengembangan lebih lanjut dari bahasa mesin. Pada assembly tidak hanya mengenal 0 dan 1 namun ada beberapa symbol yang digunakan antara lain MOV, ADD (penjumlahan), SUB (pengurangan), MUL (perkalian), dan lain-lain. Pada bahasa rakitan memiliki program untuk debugging yaitu mencari kesalahan pada sebuah program yang dibuat. Contohnya adalah Turbo Assembler yang akan mencocokan Token dari awal sampai akhir dan dikodekan menjadi bahasa mesin.

c. Bahasa Procedural (Procedural Language)

Sebuah kalimat dalam bahasa procedural diterjemahkan dalam instruksi-instruksi bahasa mesin, karena itu membuat programmer lebih produktif. Bahasa pemrograman ini mengharuskan programmer menspesifikasikan langkah demi langkah, bagaimana komputer harus menyelesaikan sebuah tugas. Bahasa ini berorientasi pada bagaimana sebuah hasil diproses.

d. Bahasa Tidak Terprosedur (Nonprocedural Language)

Bahasa ini merupakan bahasa tingkat tinggi yang memperbolehkan user untuk mmenentukan hasil yang spesifik tanpa harus memiliki spesifik detail procedure yang dibutuhkan untuk mencapai suatu hasil. Keuntungan bahaasa ini adalah dapat digunakan oleh nonteknikal user dan biasanya didalam lingkungan aplikasi database sebagai bahasa query, pembuatan laporan, dan manipulasi data. Misalnya Informix, Oracle, SQL.

e. Bahasa Pemrograman Natural (Natural Language)

Bahasa generasi kelima dikenal sebaga bahasa cerdas. Translatornya menterjemahkan bahasa natural menjadi sebuah bentuk yang dapat dibaca oleh mesin yang benar-benar kompleks.

f. Bahasa Pemrograman Visual

Bahasa pemrograman yang digunakan di dalam lingkungan visual. Bahasa ini menggunakan mouse, icon, simmbol dilayar komputer atau pulldown menu sebagai GUI (graphical User Interface) sehingga pemrograman menjadi mudah dan lebih intuitif. Bahasa ini sangat popular dikalangan pengguna non teknikal.

g. HTML (Hyper Text Markup Language)

Bahasa standar yang digunakan untuk pembuatan halaman web dengan hypertext dan informasi lain yang akan ditampilkan pada halaman web. Dokumen hypertext bisa berisi text, gambar, dan tipe informasi lain seperti data file, video, dan program executeable.

h. Extensible Markup Language (XML)

Bahasa ini di desain untuk memperbarui fungsionalitas web Document dengan menyediakan identifikasi informasi yang lebih fleksible dan adaptable. XML merupakan cara untuk menggambarkan data dengan tujuan utama untuk memfasilitasi kegiatan berbagi data antar sistem yang berbeda-beda khususnya sistem yang berhubungan dengan internet.

i. Virtual reality modeling language (VRML)

Merupakan format file yang menggambarkan permodelan interaktif dan objek tiga dimensi yang dapat ditampilkan melalui web browser. Pada prinsipnya VRML sama dengan HTML, jika html adalah bahasa teks untuk web, VRML merupakan bahasa permodelan yang juga bisa diakses melalui internet. VRML bukan bahasa pemrograman tapi merupakan bahasa permodelan untuk simulasi. Viewer dapat langsung menjelajahi model secara visual.

j. Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek

Merupakan suatu program komputer yang dipandang sebagai kumpulan dari unit tunggal atau objek yang dapat melakukan aksi atau tindakan satu sama lain. Setiap bahasa pemrograman  yang berorientasi objek dapat menerima pesan, memproses data dan mengirim pesan kepada objek lain. Setiap objek dapat dipandang sebagai suatu mesin yang independent dengan tanggung jawab tertentu.

3. Perangkat Lunak Sistem Operasi

Sistem operasi atau operating system ialah Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputerPerangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya adalah :

Linux
Windows
Mac OS

Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan pembuangan software. Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

4. Perangkat Lunak Tambahan

Perangkat Lunak Tambahan merupakan software yang sifatnya advance atau tambahan dengan tujuan untuk menyelesaikan beberapa masalah yang tidak dapat diduga sebelumnya. Seperti misalnya, kita ambil satu contoh perangkat program tambahan yaitu Scandisk.

Scandisk ini berfungsi untuk menghilangkan virus dalam sebuah perangkat penyimpanan data. Selain scandisk ada juga program tambahan lainnya seperti WinRar (menggabungkan beberapa file sekaligus), Defrag (membantu memperbaiki hardisk), Tune Up dan sebagainya.

c. Brainware

Brainware computer adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan computer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoprasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware computer dan software computer. Tanpa adanya brainware, mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan.

Pembagian Brainware

Analis Sistem
Analisis Sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan system yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan.

Programmer
Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, pascal, ataupun Java. Programmer juga dapat dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang.

Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. Jenis-jenis administrator :
•  System administrator: yang bertangung jawab agar sistem informasi berjalan.
•  Nerwork administrator: yang bertanggung jawab pada jaringan.
•  Database administrator: bertanggung jawab pada aspek lingkungan database
•  Forum administrator: yang mengatur forum online.

Operator
Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem computer yang sudah ada atau istilahnya hanya menggunakan aplikasi-aplikasi.


keempat tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem computer walaupun dalam dunia IT masih banyak lagi brainware-brainware lainnya. Dari sekian banyak itu kami akan membahas beberapa diantaranya selain 4 tingkatan umum yang sudah kami bahas di atas.

Kesimpulan

Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).

Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :

1. Hardware ( Perangkat Keras )

• Perangkat Input
• Perangkat Proses
• Perangkat Output
• Perangkat Keras Tambahan

2. Software ( Perangkat Lunak )

• Perangkat Lunak Aplikasi
• Perangkat Lunak Bahasa Pemograman
• Perangkat Lunak Sistem Operasi
• Perangkat Lunak Tambahan

3. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )

Source : academia.edu/6194319/MAKALAH_STRUKTUR_KOMPUTER_UMIANA

Belum ada Komentar untuk "Klasifikasi Komputer, Komponen Hardware, Software, Brainware"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermamfaat. Komentar yang membangun dan bersifat positif sangat diharapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel