Perlukah kacamata anti radiasi bagi yang sering beraktifitas di depan monitor ?

Perlukah kacamata anti radiasi bagi yang sering beraktifitas di depan monitor ?

Bagi yang sering bekerja di depan laptop, baik sebagai blogger, publisher, internet marketer, digital marketer, desainer, writer, gamer dan sebutan lain sebagainya tentu matanya akan sering berhadapan dengan layar monitor.

Admin sendiri lumayan lama menghabiskan waktu di depan monitor dengan banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Baik kegiatan yang produktif maupun kegiatan yang hanya untuk mengisi waktu luang.

Ketika menghabiskan waktu yang lama di depan monitor dengan mata terfokus ke layar maka mata akan cepat terasa lelah.

Sebagai orang yang peduli akan kesehatan tentu akan sangat menjaga organ tubuhnya. Apalagi mata adalah organ tubuh yang sangat sering digunakan dengan fungsi yang sering digunakan dan diperlukan.

Untuk menghindari penyakit mata dikemudian hari, maka admin memutuskan untuk membeli kacamata anti radiasi.

Apa itu kacamata anti radiasi ?

Kacamata anti radiasi adalah kacamata yang lensanya dirancang khusus untuk menghindari pengguna dari sinar radiasi yang dapat berakibat buruk bagi mata.

Perlukah kacamata anti radiasi bagi yang sering beraktifitas didepan monitor ?

Banyak dokter yang berpendapat bahwa kacamata anti radiasi sebenarnya lebih dikhususkan untuk melindungi mata dari sinar UV matahari. Sehingga disarankan menggunakan kacamata anti radiasi di ruangan terbuka yang terpapar sinar matahari.

Sedangkan untuk melindungi sinar radiasi dari layar monitor, kacamata anti radiasi tidak terlalu dibutuhkan karena setiap monitor sudah terlapisi dengan anti-glare yang bertujuan untuk mengurangi radiasi itu sendiri.

Jadi intinya kacamata anti radiasi perlu untuk orang yang sering beraktifitas di depan monitor, akan tetapi kacamata anti radiasi lebih dikhususkan untuk melindungi mata dari radiasi sinar UV matahari.

Jika anda sudah mulai merasakan kabur saat melihat benda yang jauh, maupun sudah mulai merasakan matanya berair karena sering menatap monitor, maka segeralah konsultasi ke dokter yang memang ahli di bidang mata.

Apakah ada efek samping dari penggunaan kacamata anti radiasi ?

Dari yang admin ketahui penggunaan kacamata anti radiasi tidak ada efek sampingnya. Kecuali anda menggunakan kacamata anti radiasi di tempat yang gelap :D

Untuk lebih pastinya anda bisa menanyakan kepada dokter yang ahli dibidang mata maupun menanyakan di situs-situs kesehatan seperti alodokter dan sebagainya.

Namun dari artikel-artikel yang admin baca dari situs-situs kesehatan, penggunaan kacamata anti radiasi tidak ada efek sampingnya.

Dimana saya bisa membeli kacamata anti radiasi ?

Anda bisa membeli kacamata anti radiasi di toko-toko optik international yang terdekat. Pembelian kacamata anti radiasi di toko optik international lebih terpercaya dari segi kualitasnya. Karena banyak lensa kacamata antiradiasi yang palsu maupun yang fungsinya tidak terlalu bagus.

Di toko optik international pun anda bisa mengecek gratis tentang keadaan mata anda sehingga mereka tahu pasti kacamata antiradiasi yang bagaimana yang cocok untuk digunakan.

Berapa harga untuk sebuah kacamata anti radiasi ?

Seperti yang pernah admin beli di salah satu optik internasional, harga untuk lensa kacamata anti radiasi bagi mata yang normal (maksudnya tanpa mines maupun penyakit mata lainnya) sekitaran 250.000 Rupiah. Itu hanya lensanya saja.

Sedangkan untuk gagangnya, harganya tergantung dari kualitas dan kenyamanan gagang itu sendiri. Kisaran harga gagang mulai dari 50.000 Rupiah - 1 jutaan. Dengan harga 150.000 Rupiah anda sudah mendapatkan gagang yang nyaman dan berkualitas.

Lensa + Gagang = 400.000 Rupiah

Jadi kita asumsikan dengan menghabiskan uang 400.000 Rupiah anda sudah bisa mendapatkan kacamata anti radiasi yang nyaman digunakan dan berfungsi dengan baik.

Tips merawat mata bagi yang sering beraktifitas di depan monitor.

Banyak hal-hal kecil yang sangat bermamfaat untuk menjaga kesehatan mata. Diantaranya :

  • Ketika anda bekerja lama di depan monitor, gunakan prinsip 20:20. Maksudnya setiap 20 menit sekali, usahakan untuk melihat kepada benda jauh sekeliling anda selama 20 detik.
  • Atur kontras monitor anda sehingga nyaman untuk dipandang.
  • Banyak makan sayuran.
  • Banyak minum air putih. Minum air putih tidak hanya bermamfaat untuk mata saja, banyak mamfaat lainnya yang anda dapatkan. Maka selalu sediakan air putih di samping anda ketika bekerja di depan monitor.
  • Sesuaikan jarak maupun posisi duduk ketika di depan monitor.
  • Jangan beraktifitas di depan monitor pada tempat yang gelap.
  • Jangan menunda untuk check mata anda jika ada kejanggalan yang terjadi. Seperti mata mulai berair jika lama-lama di depan monitor, kepala pusing, kedipan mata tidak seperti biasanya, lama untuk berfokus pada suatu benda dan kejanggalan lainnya.
  • Jika diperlukan, pakailah kacamata anti radiasi.
  • Menangis dipertengahan malam setelah tahajjud. Karena menangis juga banyak mamfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk kesehatan mata.
Itulah seputar informasi tentang kacamata anti radiasi, semoga bermanfaat.

0 Response to "Perlukah kacamata anti radiasi bagi yang sering beraktifitas di depan monitor ?"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermamfaat. Komentar yang membangun dan bersifat positif sangat diharapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel