Tutorial Lengkap Instalasi Moodle di Windows


Moodle ( Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment ) adalah aplikasi LMS ( Learning Management System ) yang populer digunakan untuk membangun sebuah sistem E-Learning.

Banyak orang yang menggunakan Moodle dikarenakan bersifat open source dan kelengkapan fitur-fitur di dalamnya. Hampir di setiap jurusan Informatika terdapat MK ( Mata Kuliah) E-Learning yang proses pembelajarannya banyak dosen yang melakukan praktikum menggunakan aplikasi Moodle.


Pada artikel ini admin akan membahas tentang tutorial lengkap instalasi Moodle beserta cara-cara memecahkan ( troubleshoot ) problems / masalah-masalah / error yang terjadi saat proses instalasi Moodle.

Untuk menginstal Moodle maka harus tersedia server localhost ( XAMPP ) di Windows. Moodle standard, yaitu Moodle yang diinstal menggunakan server terpisah. Server yang biasa digunakan adalah XAMPP. Jadi untuk mengintal Moodle standard maka di PC/laptop anda harus terlebih dulu tersedia XAMPP yang berfungsi sebagai server localhost.

Jika PC/Laptop anda belum terpasang XAMPP, Baca  : Cara instal XAMPP di Windows

Jika sudah terinstal XAMPP di sistem operasi Windows, mari kita lanjutkan tutorial lengkap bergambar instalasi Moodle di sistem operasi Windows.

Tutorial Instalasi Moodle di Windows

1. Download versi Moodle terbaru di situs > download.moodle.org/

2. File Moodle yang anda download di atas dalam bentuk file.rar. Klik kanan moodle-3.3.2 > pilih extract here.

3. Folder moodle yang sudah terextract tadi pindahkan ke dalam folder htdocs yang berada di partisi C > XAMPP > htdocs.

4. Jalankan XAMPP dan aktifkan paket Apache dan MySQL. Cara dapat anda baca di : Cara menjalankan XAMPP di windows.

5. Sebelum kita menginstal Moodle, ada lebih baiknya membuat database moodle dulu dengan mengetikkan localhost/phpmyadmin di browser anda.

6. Buat database moodle dengan klik new. Nama database : Moodle, Penyortiran : utf8mb4_bin.

Tutorial Lengkap Instalasi Moodle di Windows

5. Setelah anda membuat database moodle, ketikkan perintah localhost/moodle di browser anda. Maka akan keluar gambar seperti tampilan dibawah.

Tutorial Lengkap Instalasi Moodle di Windows

6. Pilih bahasa yang diinginkan, kemudian klik Next.

7. Melakukan setting direktori. Pada pilihan data directory, tentukan dimana anda akan membuat folder sebagai tempat untuk data moodle. Jika data direktori ingin tersimpan default di folder XAMPP dengan nama moodledata maka klik next untuk proses selanjutnya.

Tutorial Lengkap Instalasi Moodle di Windows

8. Memilih type database. Pilih type Improved MySQL dan klik Next.

Tutorial Lengkap Instalasi Moodle di Windows

9. Database settings. Untuk database host biarkan default. Untuk database nama isi sesuai nama database yang baru anda buat pada langkah sebelumnya. Untuk database user isi dengan “root”. Sedangkan untuk database password optional, isi sesuai keinginan. Kalau dikosongkan juga boleh. Kemudian klik next.

Tutorial Lengkap Instalasi Moodle di Windows

10. Konfirmasi persyaratan dan ketentuan. Klik Continue jika anda sudah membaca persyaratannya. Setelah continue, jika tidak ada error yang terdapat maka akan langsung dialihkan ke installation system. Namun jika masih ada error, maka harus memperbaiki kesalahannya dulu baru sistem Moodle bisa diinstal.

Mengatasi error yang sering didapat saat instal moodle.

Sebelum anda memperbaiki error yang ada maka proses penginstalan moodle tidak akan berjalan. Inilah beberapa error dan mengatasinya.

Error 1
Error : Moodle 3.2 or later requires at least PHP 5.65 (currently using version 5.5.15). Please upgrade your server software or install older Moodle version.

Tutorial Lengkap Instalasi Moodle di Windows

Masalah ini dapat diatasi dengan: Upgrade server XAMPP dengan versi terbaru.

Error 2
mysql (5.5.5-10.1.25-MariaDB) : Version 5.5.31 is required and you are running 5.5.5.10.1.25

Tutorial Lengkap Instalasi Moodle di Windows

Masalah ini dapat diatasi dengan: Edit database type di file “config.php” dengan tipe “mariadb”. Untuk menemukan file “config.php” buka partisi C > XAMPP > htdocs > moodle (sesuai dengan nama folder yang anda buat setelah mengextract moodle) > config.php.

Tutorial Lengkap Instalasi Moodle di Windows

Error 3
mysql_full_unicode_supportmlarge_prefix : this test must pass

Tutorial Lengkap Instalasi Moodle di Windows

Masalah ini dapat diatasi dengan: Buka “localhost/phpmyadmin”, pilih tab SQL, masukkan perintah : set Global innodb_large_prefix = “on”

Error 4

Pada saat membuka moodle hanya tampilan blank yang ada di halaman browser.
Masalah ini dapat diatasi dengan: Buka folder data direktori dengan nama yang diberikan dan tempatnya sesuai pilihan anda pada saat setting direktori didalam proses penginstalan moodle. Jika anda membiarkan default maka data direktori berada di folder XAMPP > moodledata. Pada folder moodledata hapus folder cache didalamnya.

Setelah anda mengatasi error-error diatas, reload browser anda. Maka jika proses error berhasil diatasi, proses penginstalan moodle akan berlangsung otomatis.

Jika sudah masuk dalam installation system, tunggu beberapa saat sekitar 5-10 menit untuk Moodle melakukan proses instal. Setelah proses instal selesai maka akan diarahkan ke form untuk membuat data user sebagai admin. Usernama dan password yang anda isikan harus diingat karena untuk masuk ke sistem Moodle dan mengelola sistem Moodle yang telah dibuat, anda harus login dulu sebagai admin. Setelah login pertama kali maka sistem Moodle menawarkan tema tampilan yang ingin digunakan di sistem Moodle anda.  Sampai disini proses penginstalan Moodle telah selesai.

Untuk masuk ke sistem moodle selanjutnya klik localhost/moodle/my di browser anda.

Kesimpulan

Moodle merupakan salah satu aplikasi open source untuk membuat maupun mengembangkan sistem pembelajaran e-learning. Instalasi Moodle di Laptop/PC berbasis Windows dapat dilakukan dengan menggunakan Moodle standard maupun Moodle paket Windows Installer yang kedua file tersebut dapat didwonload di situs moodle.org.

Proses instalasi Moodle mudah dilakukan baik itu Moodle standard yang menggunakan server terpisah maupun Moodle paket Windows Installer yang sudah tersedia server didalamnya tanpa harus menginstal server terpisah. Pada saat proses instalasi Moodle standard, jika ada error/kesalahan, maka ada intruksi yang tersedia untuk memperbaiki error/kesalahan tersebut.

Jika masih ada yang kurang dimengerti, dapat bertanya di kolom komentar.

0 Response to "Tutorial Lengkap Instalasi Moodle di Windows"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermamfaat. Komentar yang membangun dan bersifat positif sangat diharapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel