Keistimewaan unta yang jarang diketahui

Keistimewaan-keistimewaan unta

Unta adalah binatang yang menjadi karunia terbesar dari Allah SWT  yang tidak ternilai harganya bagi orang gurun. Unta dijuluki dengan julukan "ata'ullah" yang berarti pemberian Allah. Dalam Al-Quran surat Al-Ghasyiyah ayat 17 yang berarti, "Dan tidaklah mereka memperhatikan unta, bagaimana diciptakan?"

Keistimewaan Unta

Begitu banyak keistimewaan unta yang jarang diketahui oleh orang-orang yang tidak hidup digurun seperti kita. Inilah beberapa keistimewaan unta dibandingkan hewan umum lainnya :

  • Masa hamil unta berkisar antara 12 hingga 13 bulan. Seekor anak unta dapat berdiri dan mengikuti induknya sesaat setelah dilahirkan.
  • Unta memiliki telapak kaki yang luas dan lunak/empuk. Hal tersebut memudahkan unta berjalan di pasir.
  • Unta memiliki punuk pada punggungnya, yaitu tempat unta menyimpan lemak khusus yang berfungsi sebagai sumber gizi cadangan. Dalam keadaan dehidrasi, lemak khusus tersebut dapat diubah menjadi air energi. Dengan cara seperti itu, unta dapat bertahan melawan kelaparan dan dehidrasi dalam jangka waktu yang panjang. Tumbuh-tumbuhan padang pasir yang dimakan oleh unta-unta 80 persennya terdiri atas air. Di gurun yang memiliki tumbuh-tumbuhan gurun, unta dapat bertahan hidup selama 6-7 bulan tanpa air.
  • Unta dapat berlindung dari badai gurun dengan bulu mata panjang yang bertingkat serta berbulu, dan hidung yang dapat menutup menjadi sebuah guratan panjang, serta dapat menutup telinganya dengan erat.
  • Unta adalah mamalia herbivora penguyah rumput dengan angka harapan hidup 40 sampai dengan 50 tahun.
  • Unta dapat bertahan hidup tanpa makanan dan minuman selama 8 hari, karena dalam sekali minum dan makan unta dapat mengkonsumsi 50-100 Liter minuman dan 30-50 KG makanan.
  • Pada saat dibutuhkan, unta dapat menaik-turunkan suhu tubuhnya dengan cepat. Bulu unta memiliki fungsi sebagai tirai yang melindunginya dari sengatan sinar matahari serta mengurangi pengaruh panas gurun terhadap tubuhnya.
  • Unta dapat menempuh perjalanan tanpa berhenti selama 18 jam sehari, dengan kecepatan mencapai 5 KM perjam, sehingga total jarak yang dapat dicapai dalam sehari kurang lebih 100 KM. Bahkan ada juga yang mampu berjalan lebih cepat.
  • Unta mampu mampu menghemat penggunaan air dengan cara mengalirkan urea kedalam tubuhnya secara berulang-ulang. Jika hal itu dipraktekkan pada tubuh manusia dan hewan lainnya akan mengakibatkan keracunan.
Itulah beberapa keistimewaan unta yang admin tau. Jika dilihat dari kelebihan-kelebihan diatas, tentu unta sudah pantas menjadi binatang/hewan yang paling berguna bagi orang-orang gurun.


#keistimewaan #unta #mukjizat #kelebihan #hewan #gurun

0 Response to "Keistimewaan unta yang jarang diketahui"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermamfaat. Komentar yang membangun dan bersifat positif sangat diharapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel