Bulan-bulan dalam bahasa Aceh yang mulai terlupakan

Bulan Aceh yang mulai terlupakan

Aceh, yang konon pernah terkenal akan kejayaan kerajaan Islam terbesar pada masa Sultan Iskandar Muda banyak menyimpan kegemilangan-kegemilangan yang kini mulai terlupakan. Seperti halnya bulan-bulan dalam bahasa Aceh yang sepatutnya suatu hal yang harus di ingat, namun kini sudah mulai terlupakan.

Banyak generasi Aceh sekarang yang mulai dilalaikan dengan media-media yang ditujukan untuk maksud tertentu. Dari 100% generasi Aceh sekarang, diprediksikan hanya 15% yang masih menghafal bulan-bulan dalam bahasa Aceh. Bulan-bulan dalam bahasa Aceh seharusnya menjadi suatu hal yang sepatutnya generasi Aceh ingat disamping bulan dalam kalender Masehi.

Bahkan admin sendiri tidak bisa menyebutkan urutan-urutan bulan-bulan dalam bahasa Aceh dengan urutan yang benar. Oleh sebab itu, sebagai pengingat diri admin menulis bulan-bulan dalam bahasa Aceh disini.

Bulan Aceh mengikuti ketepatan sesuai kalender Hijriah. Maka dari beberapa pemberian nama bulan dalam bahasa Aceh ada beberapa yang penamaannya sesuai dengan hari penting yang ada pada bulan Hijriah.

Contohnya "bulen moklet" yang berada pada bulan Rabiul Awal. Kata "Moklet" sebenarnya berasal dari kata Mauled yang berarti Maulid. Dinamakan bulan Maulid karena pada bulan Rabiul Awal adanya perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca juga : Dalil-dalil anjuran untuk merayakan Maulid Nabi

Bulan-bulan dalam bahasa Aceh


1. Bulen Asan-Usen (Muharram)
2. Bulen Sapha (Safar)
3. Moklet (Rabiul Awal)
4. Adoe Moklet (Rabiul Akhir),
5. Moklet Seuneulheuh (Jumadilawal),
6. Kanduri Boh Kayèe (Jumadilakhir),
7. Kanduri Apam (Rajab),
8. Kanduri Bu (Syakban),
9. Puasa (Ramadan),
10. Uroe Raya (Syawal),
11. Meuapét, Beurapét(Zulkaidah),
12. Haji (Zulhijjah).

Itulah bulan-bulan dalam bahasa Aceh. Semoga dengan adanya artikel ini menjadi pengingat akan sejarah-sejarah Aceh yang mulai terlupakan.

0 Response to "Bulan-bulan dalam bahasa Aceh yang mulai terlupakan"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermamfaat. Komentar yang membangun dan bersifat positif sangat diharapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel