Obat Segala Macam Penyakit yang Tertera di Kitab Klasik

Obat Segala Macam Penyakit Yang Tertera di Kitab Klasik

Assalamu'alaikum, pada postingan ini kita akan membahas tentang penyakit dan obatnya.

  • Diriwayatkan oleh Imam Bukhari di dalam shahihnya, dari shahabat Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu bahwasanya Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شَفَاءً

“Tidaklah Allah turunkan penyakit kecuali Allah turunkan pula obatnya”

  • Dari riwayat Imam Muslim dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu 'Anhu, dia berkata bahwa Nabi Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أَصَابَ الدَّوَاءُ الدَّاءَ، بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

“Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Muslim)

  • Diriwayatkan pula dari musnad Imam Ahmad dari shahabat Usamah bin Suraik Radhiyallahu 'Anhu , bahwasanya Nabi Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

كُنْتُ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَجَاءَتِ اْلأَعْرَابُ، فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَنَتَدَاوَى؟ فَقَالَ: نَعَمْ يَا عِبَادَ اللهِ، تَدَاوَوْا، فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ لَمْ يَضَعْ دَاءً إِلاَّ وَضَعَ لَهُ شِفَاءً غَيْرَ دَاءٍ وَاحِدٍ. قَالُوا: مَا هُوَ؟ قَالَ: الْهَرَمُ

“Aku pernah berada di samping Rasulullah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, lalu datanglah serombongan Arab dusun. Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, bolehkah kami berobat?” Beliau menjawab: “Iya, wahai para hamba Allah, berobatlah. Sebab Allah I tidaklah meletakkan sebuah penyakit melainkan meletakkan pula obatnya, kecuali satu penyakit.” Mereka bertanya: “Penyakit apa itu?” Beliau menjawab: “Penyakit tua.” (HR. Ahmad, Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi, beliau berkata bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikhuna Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i menshahihkan hadits ini dalam kitabnya Al-Jami’ Ash-Shahih mimma Laisa fish Shahihain, 4/486)

  • Dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu 'Anhu , bahwa Rasulullah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

إِنَّ اللهَ لَمْ يَنْزِلْ دَاءً إِلاَّ أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً، عَلِمَهُ مَنْ عَلِمَهُ وَجَهِلَهُ مَنْ جَهِلَهُ

“Sesungguhnya Allah I tidaklah menurunkan sebuah penyakit melainkan menurunkan pula obatnya. Obat itu diketahui oleh orang yang bisa mengetahuinya dan tidak diketahui oleh orang yang tidak bisa mengetahuinya.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Al-Hakim, beliau menshahihkannya dan disepakati oleh Adz-Dzahabi. Al-Bushiri menshahihkan hadits ini dalam Zawa`id-nya. Lihat takhrij Al-Arnauth atas Zadul Ma’ad, 4/12-13)

Setelah membaca hadits-hadits diatas dapat kita simpulkan bahwasanya segala macam penyakit didunia ini ada obatnya, kecuali penyakit tua dan mati. Untuk kesembuhan suatu penyakit maka harus menemukan obat yang cocok untuk penyakit tersebut.

Terkadang obat-obat tertentu yang tidak berhubungan dengan kedokteran modern maupun kedokteran klasik, namun obat tersebut bisa manjur untuk menyembuhkan penyakit tertentu.

Seperti judul postingan kita kali ini, "Obat Segala Macam Penyakit Yang Tertera di Kitab Klasik". Maka admin akan membagikan informasi tentang obat segala macam penyakit yang tertera di kitab klasik dalam tulisan Arab gundul (tanpa harakat/baris). Inilah transkrip lembaran kitab klasik tersebut beserta artinya yang didalamnya membahas tentang obat segala macam penyakit:

Obat Segala Macam Penyakit Yang Tertera di Kitab Klasik

Artinya:

Bab Faidah
Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah bersabda "Jibril telah mengajarkan aku satu obat yang aku tidak butuh dokter dan obat yang lain, sayyidina Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali pun Bertanya "apa itu ya Rasulullah? Kami butuh obat itu", ambil air hujan kemudian bacalah:

  • Fatihah 
  • Al-ikhlas 
  • Al-falaq
  • An-Nas
  • Ayat Kursi

Masing-masing 70 kali dan minumlah pagi dan petang selama 7 hari. Demi Allah yang telah mengutusku sebagai Rasul dengan sebenarnya, sungguh Jibril telah berkata bahwa air tersebut siapa saja yang minum Allah hilangkan penyakit ditubuhnya serta di sembuhkan segala penyakit, dan siapa yang beri minum istrinya niscaya bisa hamil dengan izin Allah, sembuh sakit mata, menghilangkan sihir, dahak, sesak nafas,sakit gigi, bersin2, susah kencing dan gak perlu bekam, masih banyak lagi manfaatnya hanya Allah yang tau bagi ini terjemah yang besar yang kami ringkas, Wallahu a'lam...

Obat Segala Macam Penyakit Yang Tertera di Kitab Klasik

Jika ingin mengambil air hujan, ambil air hujan yang langsung dari langit. Jangan air hujan yang sudah mengalir ke atap-atap rumah, ditakutkan terkontaminasi dengan bakteri-bakteri yang ada di atap rumah.

Demikianlah postingan tentang "obat segala macam penyakit yang tertera di kitab klasik", semoga memberi manfaat bagi pembaca sekalian. Assalamu'alaikum.

Baca juga : 101 obat tradisional warisan indatu

Belum ada Komentar untuk "Obat Segala Macam Penyakit yang Tertera di Kitab Klasik"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermamfaat. Komentar yang membangun dan bersifat positif sangat diharapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel