Peran Media Dalam Mengubah Pola Pikir Manusia

Peran Media Dalam Mengubah Pola Pikir Manusia

Assalamu'alaikum, Seberapa besarkah peran media dalam mengubah pola pikir kita ? Media sungguh sangat banyak berperan dalam kehidupan manusia. Baik positif maupun peran negatif yang tidak bisa dipungkiri. Bagaimanakah cara media mengubah pola pikir kita ? Baca ulasan dibawah ini:

Dari Jihad At Turbaniy
---------------------------------------------
Pada awal pembelajaran saya di kuliah komunikasi kami mempelajari sebuah teori komunikasi yang amat penting. Saya lihat telah diterapkan secara luas dalam dunia informasi kita. Terutama dalam pembahasan sejarah umat kita (Islam).

Teori ini disebut, agenda setting (teori pengaturan skala prioritas). Teori ini memberikan peran media massa dalam mengalihkan isu dan mengendalikan opini yang beredar di publik.

Artinya media lah yang memilih hal yang penting untuk dibicarakan dan yang tidak penting untuk dibicarakan. Meskipun permasalahan yang nampak penting di media massa sebenarnya adalah hal yang remeh. Sedangkan permasalahan yang tidak diperhatikan media sebenarnya adalah permasalahan penting yang layak dibincangkan, tetapi berhasil media singkirkan dari pikiran para pemirsanya.

Misalnya, suatu berita yang disiarkan di awal acara, akan anda anggap sebagai sebuah berita yang penting meskipun sebenarnya tidak demikian, akan tetapi berita itu menjadi "terasa" penting karena stasiun TV atau negara menyajikannya sebagai berita utama. Sementara berita yang sebenarnya penting mungkin saja disiarkan di akhir acara. Dengan begitu berita tersebut menjadi tidak terasa penting menurut anda.

Metode ini dalam komunikasi dianggap lebih berbahaya dari sebuah tipuan, karena media dalam hal ini tidak berdusta secara langsung, dengan begitu media tidak kehilangan kepercayaan pemirsanya. Namun media telah menipu anda tanpa anda sadari dengan mengatur prioritas anda.
------------------------------------------------

Setelah membaca tulisan diatas semoga pemikiran anda terhadap data/informasi yang didapatkan dimedia bisa disaring terlebih dahulu sebelum menerimanya secara mentah-mentah, apalagi langsung membagikannya. Karena banyak media-media sekarang yang dikelola oleh kelompok tertentu dengan tujuan menyudutkan Islam.

Seperti jasa besar kerajaan-kerajaan Muslim yang tidak pernah ditayangkan pada siaran-siaran ditelevisi. Diantaranya baca postingan : Jasa besar Turki Utsmani terhadap Perancis. Admin yakin dari sekian banyak pembaca hanya 10% yang mengetahui fakta tersebut. Hal itu disebabkan karena pola pikir kita telah disibukkan dengan informasi-informasi yang tidak terlalu bermamfaat yang tersebar dibanyak media.

Semoga bermanfaat. Assalamu'alaikum.

0 Response to "Peran Media Dalam Mengubah Pola Pikir Manusia"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermamfaat. Komentar yang membangun dan bersifat positif sangat diharapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel