Mengetahui IMEI, ICCID, IMSI, MSISDN, MCC dan MNC

Mengetahui IMEI, ICCID, IMSI, MSISDN, MCC dan MNC

Assalamu'alaikum pembaca GLORIF.COM, pada postingan ini kita akan membahas pengertian dan bagaimana cara mengetahui kode dari IMEI, ICCID, IMSI, dan MSISDN.

IMEI (International Mobile Station Equipment Identity)


IMEI adalah kode unik yang ada pada setiap HP (handphone). Baik itu HP jadul maupun smartphone yang menggunakan OS (Operating System) Android maupun IOS (Iphone Operating System).

IMEI dapat digunakan untuk mengecek keaslian HP dan juga untuk memblokir HP apabila suatu saat HP anda dicuri. Untuk memblokir HP menggunakan kode IMEI tentunya memerlukan kerja-sama dengan operator mobilenya. Memblokir HP dengan kode IMEI sering digunakan dinegara-negara tertentu.

Cara mengetahui kode IMEI : Ketik *#06# di smartphone anda, otomatis akan muncul kode IMEI.

Untuk mengecek keaslian HP / Smartphone adalah lihat apakah sama kode IMEI yang anda dapatkan dengan cara diatas dengan kode IMEI yang ada didalam smartphone anda. Biasanya berada di balik baterai HP anda. Juga bisa anda cek kode IMEI di peraturan smartphone. Smartphone biasanya : Setting > About Phone > Status.

ICCID (Integrated Circuit Card Identifier)


Dibelakang SIM card HP terdapat digit-digit angka yang disebut dengan ICCID. ICCID merupakan nomor registrasi fisik dari SIM (Subscriber Identity Module) card yang di embed ketika proses manufaktur. Pada SIM card Telkomsel biasanya terdapat 19 digit angka kode ICCID.

Kode ICCID diperlukan untuk mengaktifkan SIM card lain dengan No yang sama. Dengan syarat No anda yang dulu hilang atau tidak aktif lagi. Dengan kode ICCID juga bisa digunakan untuk mengetahui No HP. Selain untuk mengetahui No, jika tahu caranya anda juga bisa mendapatkan informasi dari identitas katru tersebut semacam : Tanggal produksi, tempat produksi, dan sebagainya.

Untuk mengetahui kode ICCID jika dibelakang kartu anda sudah terhapus atau kartu hilang, maka anda dapat menggunakan aplikasi tertentu untuk mengetahui kode ICCID dengan syarat anda tahu No HP yang ingin diketahui kode ICCIDnya. Untuk aplikasinya anda dapat searching di Google dengan Keyword = "Aplikasi untuk mencari kode ICCID".

IMSI (International Mobile Subscriber Identity)


IMSI adalah kode unik untuk setiap SIM card diseluruh dunia.


MSISDN (Mobile Subscriber ISDN)


Pada dasarnya MSISDN adalah sebutan lain untuk No kartu kita. Sedangkan kepanjangan ISDN adalah Integrated Services Digital Network

MCC (Mobile Country Code) & MNC (Mobile Network Country)


Dari kepanjangannya anda sudah bisa tahu sendiri akan pengertian MCC dan MNC. MCC adalah kode unik negara dan MNC adalah kode unik operator kartu. MCC untuk negara Indonesia adalah 510.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengetahui IMEI, ICCID, IMSI, MSISDN, MCC dan MNC"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermamfaat. Komentar yang membangun dan bersifat positif sangat diharapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel