Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Online Praktis Bagi Pemula

Semakin hari, jumlah penggunaan internet makin bertambah pesat. Dengan bertambahnya penggunaan internet setiap harinya menjadikan bisnis online makin efektif sebagai tempat untuk kita mencari pundi-pundi rupiah.

Di Indonesia makin banyak startup - startup bermunculan, yang sudah berkembang diantaranya: Lazada, Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Traveloka, Blibli, Go-jek, dan sungguh masih sangat banyak lainnya.

Pada postingan ini kita tidak membahas bisnis seperti startup-startup besar yang disebutkan di atas karena membutuhkan modal yang lumayan besar, namun bahasannya lebih ke bisnis yang praktis dan cocok bagi pemula.

Banyak orang salah kaprah dalam menilai bisnis online. Seperti membahas modal, banyak yang beranggapan untuk memulai bisnis online membutuhkan modal yang banyak. Akan tetapi sebenarnya untuk memulai bisnis online tidak terlalu membutuhkan modal yang banyak, bahkan banyak pebisnis online yang sukses memulainya tanpa sepersen rupiah pun. Jadi jangan takut memulai bisnis online dengan alasan kurang modal.

Bisnis online begitu luas, sangat luas untuk dibahas. Bagi anda yang ingin mencoba terjun ke bisnis online admin sarankan untuk memilih bisnis online yang sesuai dengan bidang yang anda sukai / bidang yang anda lumayan kuasai.

Bidang dalam bisnis online


Contoh-contoh  bidang bisnis online diantaranya: Blogger, Youtuber, designer, photographer, jualan (baik produk/barang sendiri maupun punya orang), penulis, programmer, translator, konsultan, dan lainnya. Itulah beberapa bisnis online dengan bidang berbeda yang bisa dicoba sesuai dengan minat dan keahlian dasar anda.

Pada artikel ini kita akan membahas lebih spesifik tentang macam-macam bisnis online yang bisa dengan mudah untuk menghasilkan uang bagi anda jika benar-benar menekuninya.

Sebenarnya semua yang kita tekuni, baik itu bisnis online maupun bisnis offline, tentu hasilnya akan sesuai dengan usaha kita. Usaha yang dimaksud disini tidak mesti usaha yang berkaitan dengan bisnis yang kita kerjakan tersebut. Usaha yang dimaksud disini adalah segala sesuatu yang ada nilai kebaikan didalamnya.

Seperti ungkapan yang sering diucapkan oleh orang Aceh "na hek na hak" yang artinya hasil yang didapatkan akan sesuai dengan usaha yang dilakukan.

Oke, kembali ke topik pembahasan macam-macam bisnis online praktis bagi pemula. Dari banyaknya bidang-bidang bisnis online yang sudah disebutkan diatas, disini admin akan menjelaskan lebih gamblang tentang hal-hal apa saja yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dengan bantuan internet.

Sudah siap terjun ke bisnis online? Ini 4 tahapan yang perlu dilakukan oleh pemula dalam berbisnis online.

Pekerjaan - pekerjaan yang patut dicoba pemula untuk menghasilkan uang dengan bantuan internet diantaranya adalah :


  • Menjual produk sendiri/orang lain secara online di blog/website/sosial media sendiri.
  • Menjual produk sendiri/orang lain secara online di pasar online seperti: Tokopedia, Bukalapak, OLX, eBay (internasional), Kaskus FJB, dan sebagainya.
  • Menjadi publisher iklan baik melalui blog/youtube/sosial media. Memasang iklan Adsense/ iklan orang di blog/Youtube yang anda kelola, semakin banyak orang yang mengklik iklan semakin banyak keuntungan yang anda dapatkan.
  • Menjual produk informasi seperti: buku, ebook, video maupun audio.
  • Menjadi guru dengan membuka kursus online.
  • Menyediakan jasa desain grafis. Bisa juga dengan menjual karya desain anda.
  • Menjual foto hasil potretan anda sendiri.
  • Menjadi penulis artikel.
  • Menyediakan jasa translator.
  • Jual barang ke luar negeri dengan Amazon FBA (Fullfilment by Amazon). Jika ada produk-produk khusus yang menjadi andalan di daerah anda sangat besar potensinya untuk dijual keluar negeri. Cara menjual produk keluar negeri yang paling banyak direkomendasikan oleh orang berpengalaman dan juga lagi ngetrend adalah dengan menggunakan Amazon FBA. Untuk info lebih lanjut tentang cara jualan di Amazon FBA, anda bisa mencari di Google dengan menuliskan kalimat "Cara berjualan di Amazon bagi pemula".

Dari banyaknya hal-hal yang disebutkan diatas, banyak diantaranya yang berhubungan dengan jualan. Anda bisa meningkatkan secara signifikan penjualan dengan manguasai tehnik SEO. Bagi pemula yang belum tau bener apa sih manfaat SEO, harus baca: Memahami pengertian SEO seutuhnya :D

Itulah hal-hal dasar yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pundi-pundi Rupiah di internet. Yang disebutkan diatas hanya judul besarnya saja untuk menambah informasi anda tentang cara mencari uang di internet. Untuk lebih detailnya tentang hal-hal diatas, bisa anda cari tahu lebih lanjut di Mbah Google.

  1. Tentukan bidang (rekomendasi bidang sudah disebutkan diatas) tertentu yang sesuai dengan bakat dan minat anda.
  2. Cari info lebih lanjut tentang bidang tersebut.
  3. Pelajari cara-cara mendapatkan uang di internet melalui bidang yang sudah anda pilih.
  4. Fokus dengan bidang tersebut dan terus mempelajari hal-hal yang berkaitan dengannya.
  5. Dalam waktu yang tidak lama anda akan merasakan hasil dari usaha anda.

Jika anda bingung mau mempelajari mana saja, lebih baik baca dulu artikel ini: Bisnis Online, Lebih Baik Tahu Sedikit tentang Banyak Hal atau Tahu Banyak tentang Sedikit Hal?

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Pemula 2019

Mendapatkan Uang Dari Internet


Siapa sih yang gak mau saldo rekeningnya terisi setiap bulan dengan pekerjaan yang menyenangkan (cuma buka laptop, sambungkan ke WIFI, Streaming Movie terbaru, terhubung ke sosial media). Saya yakin banyak pengangguran sekarang yang mendambakan kehidupan seperti yang saya sebutkan diatas.

Sudah tentu tidak semudah yang saya sebutkan diatas untuk mendapatkan uang dari internet, apalagi tanpa modal. Harus ada waktu yang anda korbankan untuk mempelajari kemampuan-kemampuan dasar untuk mendapat uang dari internet.

Kemampuan-kemampuan dasar yang bisa anda manfaatkan untuk meraup dolar dari internet, diantaranya :

  • Kemampuan menulis yang mengundang banyak pembaca.
  • Kemampuan fotografer yang menghasilkan foto yang memanjakan mata.
  • Kemampuan menjual / promosi produk.
  • Kemampuan dibidang desain grafis.

Kemampuan Menulis


Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Pemula Tanpa Modal 2019

Jika anda mempunyai hobby menulis, anda bisa memanfaatkan hoby anda tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi Rupiah. Mulailah buat blog di platform gratis dan konsisten terus untuk mengisi tulisan-tulisan terbaik anda. Anda bisa menggunakan platform blogger.com untuk mulai membuat blog gratis.

Jika anda merasa terlalu sulit untuk membangun blog dari awal, anda juga bisa menjual tulisan-tulisan anda ke blogger-blogger lain, ataupun ke situs jalantikus.com atau UC News.

Info : Harga 1 artikel dengan 1000 kata, paling murah sekarang sekitaran 10.000 Rupiah.

Kemampuan Fotografer


Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Pemula Tanpa Modal 2019

Jika anda mempunyai bakat di bidang fotografer, manfaatkan bakat anda tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Jual foto-foto terbaik anda ke situs-situs luar negeri. Situs-situs yang dijamin menghasilkan dolar dari menjual foto adalah : Shutterstock.

Masih banyak juga situs-situs lainnya yang bisa anda searching di Google, selain menjual foto ke situs luar negeri, juga masih banyak cara mendapatkan penghasilan dari bakat anda sebagai fotografer.

Kemampuan Menjual Produk


Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Pemula Tanpa Modal 2019

Bangun toko-toko online anda. Tidak memerlukan modal satu Rupiah pun.

Terus bagaimana dengan produk ? Mulailah dengan menjual produk-produk orang.

Bangun toko online anda di : Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Shoppie.

Kemampuan di Bidang Desain Grafis


Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Pemula Tanpa Modal 2019

Jual hasil-hasil desain anda ke situs-situs luar. Banyak hasil-hasil desain yang dibandrodi dengan harga diatas 100$ (diatas satu jutaan). Orang luar mah tidak menganggap mahal harga 100$. Kalau dijumlahkan ke mata uang kita aja yang terasa banyak.

Jual hasil desain anda ke : Creatif Febrica, Shutterstock, The Hungry JPEG, Design Bundels, Creatif Market, juga masih banyak situs lainnya.

Jika sudah mulai menghasilkan, apa yang harus dilakukan untuk terus berkembang?


8 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Online

Atur & Perbanyak Aset Anda

Bagi pemula mengembangkan aset lebih penting daripada menghasilkan laba.

Mempertahankan Data Pelanggan dengan Baik

Pelanggan adalah raja. Selalu perlakukan client anda dengan baik.

Harus Mengenal Pesaing Anda

"Ia yang mengenal pihak lain (musuh) dan mengenal dirinya sendiri, tidak akan dikalahkan dalam seratus pertempuran. Ia yang tidak mengenal pihak lain (musuh) tetapi mengenal dirinya sendiri memiliki suatu peluang yang seimbang untuk menang atau kalah. Ia yang tidak mengenal pihak lain (musuh) dan dirinya sendiri cenderung kalah dalam setiap pertempuran". - Sun Tzu Bingfa

Lindungi Reputasi Online Bisnis Anda

Jangan membiasakan diri bermain curang.

Investasikan pada Koneksi Internet yang Bagus

Meluangkan waktu untuk belajar dan berkembang adalah salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi setiap resiko yang bisa terjadi kapan saja.

Tetap Ikuti Puncak Tren Terkini

Dunia online adalah dunia yang terus berubah dan berkembang.. Selain itu, Anda akan melihat tren media sosial terus berevolusi.

Anda harus mengikuti selalu tren terkini sehingga Anda dapat berada di ujung tombak pemasaran online dan pencitraan merek.

Konsisten

Kegigihan akan terbayar pada akhirnya jika Anda terus melakukan semua hal yang benar. Anda harus konsisten dan tetap fokus pada tujuan Anda.

Tahukah Anda bahwa kebanyakan orang memerlukan waktu satu hingga lima tahun sebelum mereka benar-benar mulai menghasilkan hingga ratusan juta perbulan?

Tahu Kapan Harus Berhenti

Seperti fenomena sekarang, banyak artis yang mulai beralih bermain Youtube, karena untuk beberapa tahun kedepan Youtube akan menjadi ladang bisnis online yang begitu menjanjikan.

Terkadang sebuah ide/bisnis akan gagal. Tantangan terbesar bagi seorang pengusaha adalah mengetahui kapan sebuah ide gagal. Tidak ada gunanya mencoba untuk menghidupkan kembali bebek mati. Jadi jangan takut untuk mengubah arah ke bisnis online lainnya jika perlu.

Kesimpulan

Menjalankan bisnis secara online memang terkadang berisiko. Meluangkan waktu untuk belajar dan berkembang adalah salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko-risiko ini.

Kami cuman memberikan informasi terkait bagaimana menghasilkan penghasilan dari Internet. Untuk penjelasan cara-cara lengkapnya tentang menghasilkan uang dari internet, kami akan menjelaskannya di artikel selanjutnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Jangan lupa senyum hari ini :)

Belum ada Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermamfaat. Komentar yang membangun dan bersifat positif sangat diharapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel